blog tentang sesuatu yang menarik

APA ITU SMART ECONOMY

No comments


Smart Economy adalah salah satu dari konsep Smart City, dimana Smart Economy berbicara dalam lingkup ekonomi untuk menjawab "Bagaimana suatu ekonomi dalam suatu kota dapat berjalan secara efektif dan efisien", dan disinilah Teknologi Informasi hadir dalam menjawab peranyaan tersebut. Jawabannya adalah  dengan menggunakan TI maka peluang untuk membentuk jaringan sosial yang baru terbuka sangat lebar. Generasi muda sangat aktif menggunakan media sosial membuat mereka mempunyai akses informasi yang besar, jaringan sosial yang luas, sehingga menjangkau audiens yang lebih luas. Pemanfaatan potensi ini untuk mendukung kewirausahaan (technopreneur) akan sangat positif. Dengan akses terhadap TIK yang merata pada warga kota, seperti tersedianya akses internet cepat dan murah, kecilnya gap warga terhadap teknologi baru, maka akan membuat aktivitas ekonomi menjadi bergairah dengan mudahnya melihat potensi bisnis yang mendorong kemunculan entrepreneur entrepreneur baru. 
Smart Economy diringkas menjadi dua hal. Pertama membuka akses informasi yang luas sehingga meningkatkan peluang warga untuk melakukan aktivitas ekonomi yang efektif. Kedua untuk aktivitas bisnis yang sudah berjalan, akan mereduksi biaya operasional lebih minimal, lebih produktif dan tumbuh dalam konteks ’sustainable’. Pertanyaan selanjutnya bagaimana membuat bisnis lebih produktif serta efisien, salah satu jawabannya adalah Datafication, alias mengusahakan semua aktivitas bisnis dapat direpresentasikan dalam bentuk data dan tercatat, untuk itu perlu ‘attitude / SOP’ yang disiplin dalam usaha usaha untuk tertib data (data entry), pengumpulan data, crawling data, data analytics dan lain lain.
Dengan penggunaan Teknologi Informasi pada Smart Economy dalam suatu konsep Kota pintar (Smart City) diharapkan agar membentuk suatu pondasi yang kuat bagi keberlangsungannya kegiatan perekonomian disuatu Kota.

No comments :

Post a Comment